membangun jaringan LAN dengan wifi di windows 7

ilyas175 – hai sobat, pagi ini saya akan membahas cara membangun jaringan LAN dengan wifi di windows 7, sebelumnya sobat sudah tau kan apa itu LAN, betul LAN merupakan kependekan dari Local Area Network, simpelnya sih, LAN merupakan suatu jaringan dimana sebuah perangkat dapat terhubung dengan perangkat lain dalam lingkup yang tidak cukup luas. ini sih kata saya sob… kalu mau lebih tepatnya lagi silahkan dicek sama om Wiki.

 

sedangkan wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, saya yakin sobat juga sudah faham betul. jadi langsung saja saya lewati. nah karena kita akan membangun jaringan LAN dengan wifi, jadi namanya menjadi WLAN, singkatnya sih, kalau LAN itu menggunakan kabel untuk saling terhubung, berbeda dengan WLAN yang dapat saling terhubung tanpa kabel, alias menggunakan wifi untuk saling terhubungnya.
jika perangkat yang diinginkan sudah terhubung, rasanya sangat menyenangkan sekali sob, karena semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah, misalnya laptop sobat sudah terhubung dengan laptop saya, rasanya gimana gitu. wkwkwkwk… maksudnya bisa lebih mudah untuk saling berbagi, tanpa harus pasang dan cabut flashdisk, dan juga bisa bermain CS GO bareng. asik dah pokonya.
bagaimana caranya?. mudah saja sob, sobat tidak usah mahal-mahal membeli router lah atau yang semacamnya, karena kita akan manfaatkan wifi yang ada di laptop kita. kecuali buat sobat yang ingin sinyal dan jangkauannya bagus, silahkan gunakan router. waduh PC saya tidak ada wifi-nya nih?. beli saja wifi adaptor, cari yang murah banyak. oke langsung saja sob, untuk langkah-langkahnya silahkan disimak baik-baik.

Tutorial membangun jaringan LAN dengan wifi di windows 7:

  1. Buka ‘Network and Sharing Center’. supaya cepat, klik ikon Network yang ada di sisi kanan bawah. gambarnya sinyal gitu sob.
  2. klik ‘Set up a New connection or network’.
  3. lalu pilih ‘Set up a wireless ad hoc (computer to computer) network’. lalu pilih next.
  4. next lagi. lalu isi bidang berikut. isi ‘Network name’ dengan nama jaringan yang sobat inginkan, dan ‘Secuity key’ dengan password yang sobat inginkan. beri centang pada ‘Save this network’ jika sobat ingin membuatnya tetap ada jika sobat men-disconnect-nya.
  5. jaringan WLAN / ad hoc sobat sudah jadi. klik pada ‘Turn on Internet connection sharing’ untuk berbagi saluran internet juga dengan PC / laptop yang lain. jika tidak ingin, abaikan saja, klik ‘close’.

nah selsai sudah, sekarang WLAN sudah dibuat, tinggal sobat menghubungkan perangkat yang perlu dihubungkan. misalnya dengan laptop teman  untuk berbagi file, ataupun untuk bermain Counter Strike: Source, Counter Strike: Global Offensive (game multiplayer) bareng teman-teman.

sekian 5 langkah mudah membangun jaringan LAN dengan wifi di windows 7, semoga bermanfaat.