cara mengubah nama drive harddisk

cara mengubah nama drive harddisk

ilyas175 – sepertinya ada yang berbeda nih sama harddisk saya setelah diinstall windows 8.1, aduh kenapa yah?. bukan kapasitasnya berkurang apalagi bertambah. melainkan nama drive partisi harddisk saya yang berubah, dari yang sebelumnya drive “D”, tiba tiba menjadi drive “E”. dan flashdisk yang saya gunakan untuk menginstall windows 8.1 malah menjadi drive “D”, kacau dah. emang sih ga akan bermasalah sama kesehatan harddisk, tapi jadi kurang nyaman saja. terlebih jika flashdisk di cabut lalu di tancapkan hdd eksternal yang punya partisi juga. nah kan jadi bingung, mana partisi harddisk kita?.

cara mengubah nama drive harddisk-1

kejadian bermula selepas saya intall windows 8.1 ke laptop saya, ga tau kenapa apa karena bootablenya yang salah atau karena memang begitu dampaknya setelah menginstal windows menggunakan flashdisk. yang jelas sekarang drive partisi harddisk saya jadi tidak berurutan namanya. nah langsung saja dah saya ubah tuh nama drive harddisknya menjadi seperti semula. bagi sobat yang juga merasakan seperti saya silahkan simak baik baik cara mengubah nama drive harddisk berikut.

cara mengubah nama drive harddisk:

  1. buka disk Management. bisa dengan mengklik kanan start lalu pilih disk Management untuk win8.1. atau klik kanan Computer pilih Manage lalu pilih storage, dan pilih disk Management untuk win7.
    cara mengubah nama drive harddisk-2
  2. sekarang klik kanan drive yang akan kita ubah namanya. lalu pilih Change Drive Letter and Paths…
    cara mengubah nama drive harddisk-3
  3. akan muncul jendela baru. klik Change… lalu akan muncul lagi jendela baru.
  4. di Assign the following drive letter kita bisa memilih drive yang belum dipakai namanya untuk menamai drive kita. di sini saya akan ubah menjadi drive “D”. klik Ok jika sudah.
    cara mengubah nama drive harddisk-4
  5. lalu akan muncul sebuah jendela peringatan. klik yes.
    cara mengubah nama drive harddisk-5
  6. beres.

waduh di langkah ke-5 kok pilihan drive “D”-nya ga ada?. pastikan tidak ada flashdisk yang tercolok sehingga nama untuk drive “D” tidak sedang digunakan. namun jika memang sudah ada salah satu partisi harddisk sobat yang menggunakan nama drive “D” berarti memang sudah tidak bisa digunakan, silahkan pilih yang lain. sekian artikel cara mengubah nama drive harddisk. terimakasih.