cara aman mencabut flashdisk tanpa safely remove

cara aman mencabut flashdisk tanpa safely remove – assalamualaikum sobat. semoga selalu di beri kesehatan, amiin. alhamdulillah sekarang admin bisa hadir menemani sobat dan sekarang admin akan berbagi cara paling aman untuk melepas flashdisk tanpa harus di eject atau safely remove. loh kok bisa?, bukannya cara paling aman harus dengan meng-eject atau safely remove dulu sebelum mencabutnya?. yah betul, kebanyakan orang bilang begitu, harus di eject atau safely remove dulu, tapi bagaimana kalo saya bilang tidak perlu!. lalu apakah ada cara-cara agar tetap aman walaupun tanpa di eject atau sefely remove sebelum mencabutnya?, nah ini yang akan kita bahas sob, so simak baik-baik ya.

flashdisk merupakan perangkat imut yang dimiliki oleh sobat (yang sedang baca) dan umumnya oleh sebagian besar pengguna laptop dan sejenisnya, karena manfaat (diskspace), serta ketangguhan (tahan banting), dan imutnya (kecilnya), flashdisk menjadi tempat penyimpanan paling oke. tapi jika kita tidak memakainya dengan benar (asal tancap, asal cabut) maka dia akan rusak tanpa disadari. misalnya sobat sedang meng-copy file ke flashdisk, namun belum selsai prosesnya tapi sudah sobat cabut flashdisknya, yang terjadi adalah proses meng-copy macet, dan flashdisk bisa terserang penyakit rusak. untuk menghindari kerusakan tersebut pastinya sobat harus menunggu proses meng-copy selsai dan kita bisa mencabutnya dengan aman.

tunggu dulu sob, jangan asal cabut, sobat harus klik kanan lalu pilih “eject” agar aman. tapi jika harus meng-eject atau safely remove membuat sobat ribet, repot, atau apa lah namanya. sobat bisa gunakan cara berikut agar bisa mencabut flashdisk tanpa safely remove, dan tentunya sob cara yang akan admin bagikan ini benar benar aman. oke langsung saja lihat caranya di bawah.

catatan:

  • Pastikan Falshdisk telah tersambung atau sudah di tancap.

cara aman mencabut flashdisk tanpa safely remove:

  1. buka ‘device manager’. bisa dengan klik kanan pada computer lalu klik ‘properties’.
  2. klik ‘device manager’, lalu cari ‘Disk drive’.
  3. klik dua kali ‘disk drive’, lalu klik kanan pada ‘USB DISK’ dan pilih ‘properties’.
  4. muncullah ‘USB Device Properties’,  klik tab ‘Policies’, lalu pindahkan radio button ke ‘Quick Removal’. lalu klik ‘OK’.

catatan:

  • pastikan sebelum mencabut flashdisk tidak ada kegiatan yang sedang berlangsung antara flashdisk dengan laptop.
  • jangan mencabut flashdisk ketika sedang melakukan proses baca tulis (meng-copy dari / ke flashdisk, membuka file di flashdisk).
demikian sobat cara aman mencabut flashdisk tanpa safely remove, semoga bermanfaat, dan menambah wawasan sobat. kalo sobat mau memperaktekan atau menyebarkan silahkan saja. intinya saya kalau mencabut flashdisk langsung cabut, tanpa basa basi dulu. sekian terimakasih.
  • Wah keren kang, terima kasih ya infonya 🙂

    Langsung di save nih takut lupa 😀

  • sama sama.
    silahkan di save.